Wednesday, 8 August 2012

Mematikan AutoRun pada Windows

 Fasilitas Autorun pada windows berfungsi untuk memanggil otomatis pada file yang berada pada CD/DVD, dimana file tersebut sudah di beri perintah terlebih dahulu ketika media CD/DVD di masukkan pada komputer/laptop akan menampilkan perintah selanjutnya yang akan di lakukan pada media tersebut. Contohnya saja ketika anda memasukkan Film yang bermedia CD/DVD maka otomatis akan mengeluarkan perintah pilihan, apakah akan di Play dengan pemutar Film ataukah di explore saja. Jika nanti anda akan memutar film lagi yang berjenis CD/DVD maka windows akan otomatis memplay film tersebut.

Nah sekarang mengapa fungsi ini di matikan, padahal fungsi ini justru lebih membantu dan menghemat waktu.

Fungsi AutoRun dapat berakibat negatif terhadap komputer/laptop anda. Jika mencolokkan media flashdisk anda yang berisi file virus dan dimana kita ketahui virus sifatnya akan jalan ketika AutoRun pada windwos aktif. Dan bagaimana jika fungsi ini masih aktif pada komputer/laptop anda dan selalu mencolokan media flashdisk yang anda tidak ketahui apakah ada virunya atau tidak.

Pertama tekan tombol window dan tombol R secara bersamaan pada keyboard sesuai pada gambar di bawah ini.

Setelah muncul tampilan Run, ketik Regedit pada kolom open kemudian Enter. Regedit sudah tampil, klik tanda + pada HKEY_CURRENT_USER, klik tanda + pada Software, klik tanda + pada Microsoft, klik tanda + pada Windows, klik tanda + CurrentVersion, klik tanda + pada Policies, dan klik Explorer sehingga muncul tampilan pada regedit seperti pada gambar di bawah ini.

 
Klik dua kali pada NoDriveTypeAutoRun, kemudian ganti nilai 91 menjadi ff (huruf f sebanyak dua kali) sesuai pada gambar di bawah ini.
 
Klik ok , kemudian restar windows anda untuk melihat perubahannya.
Trik mematikan AutoRun ini hanya mencegah virus bukan mengobati komputer/laptop anda.

Ok selamat mencoba